PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Melaksanakan Pengembangan Diri
Guru sebagai Tenaga Pendidik Profesional
adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan ketrampilan
yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaklah berusaha
mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya sehingga layanan yang diberikan
kepada peserta didik adalah layanan yang semakin berkualitas. Tugas guru
profesional tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam
melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih saja melainkan juga harus
melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang
guru untuk dapat meningkatkan profesionalismenya. Menurut PermenegPAN dan RB No
16 Tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu : 1) melaksanakan pengembangan diri,
2) melakukan publikasi ilmiah, dan 3) menemukan dan menciptakan karya-karya
inovatif.
Kegiatan pengembangan diri bisa
dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif
guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di Kelompok Kerja Guru (KKG)
termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan kegiatan lain di luar KKG
termasuk ke dalam diklat fungsional. Yang berhak mengeluarkan sertifikat diklat
fungsional adalah LPMP, P4TK, dan badan diklat daerah.
Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan
pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan dapat
meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sebagai seorang guru, juga mendapat
penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan
kariernya.
2.
Tujuan Melaksanakan Pengembangan Diri
Berdasarkan latar belakang di atas,
pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan :
a.
Mendapatkan
pengetahuan dan ketrampilan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik
kepada peserta didik
b.
Mengumpulkan
angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih
tinggi, misal untuk kenaikan pangkat dari golongan III b ke III c dibutuhkan
minimal 3 pengembangan diri.
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
PENGEMBANGAN
DIRI 1
Diklat Kurikulum
2013 Guru Sasaran Jenjang SMA/K Prov Jawa Tengah
Tanggal 11, 12, 13, 14, dan 15 Agustus 2014
1.
Waktu
Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Pelatihan
Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran Tambahan SMK Provinsi Jawa Tengah Angkatan I
dilaksanakan mulai tanggal 11 s.d. 15 Agustus 2014 dengan pola 52 jam pelajaran
@ 45 menit di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan PPPPTK Matematika Yogyakarta.
Peserta
kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran Tambahan SMK Provinsi Jawa
Tengah Angkatan I sejumlah 150 orang dari Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa
Tengah yang belum pernah mengikuti pelatihan, atau kegiatan sejenis baik yang
diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota/Kabupaten.
2.
Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang
dilakukan adalah menjadi peserta Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran SMK
Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh PPPPTK Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam pelatihan
ini menggunakan pendekatan andragogi dengan menerapkan pola diskusi, sedangkan
untuk ceramah atau paparan teori diberikan untuk memperkaya materi dalam proses
diskusi atau pengambilan keputusan. Sedangkan Strategi pelaksanaan pelatihan
berjenjang sebagaimana dapat dicermati dalam bagan berikut :
![]() |
Materi disampaikan oleh Instruktur
Nasional yang telah mengikuti Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 dan
dinyatakan lulus serta memiliki pengetahuan tentang konsep dan implementasi
Kurikulum 2013 secara utuh. Daftar Narasumber adalah :
1)
Drs.
Martoyo
2)
Drs.
Sukamto
3)
Dra.
Sri Wardani
4)
Drs.
Markaban, M.Si
5)
Dra.
Th. Widyantini, M.Si
6)
Estina
Ekawati, S.Si, M.Pd.Si
3.
Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan dari Pelatihan Kurikulum 2013
bagi Guru Sasaran Tambahan SMK Provinsi Jawa Tengah Angkatan I adalah :
a.
Memfasilitasi
guru dalam memahami materi pelatihan berupa konsep dan implementasi Kurikulum
2013.
b.
Guru
mampu melaksanakan tugas mengajar sesuai dengan tuntutan dan karakteristik
Kurikulum 2013 yang meliputi Kompetensi Lulusan, Isi, Proses Pembelajaran, dan
Penilaian Kurikulum 2013.
4.
Uraian
Materi Pengembangan Diri
Terlampir
5.
Tindak
Lanjut
- Melaporkan hasil kegiatan kepada instansi terkait, dalam hal ini SMK Negeri Tembarak dan Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung.
- Mensosialisasikan hasil pelatihan kepada tenaga pendidik SMK N Tembarak melalui forum MGMP Matematika Sekolah.
- Mengimplementasikan Kurikulum 2013 bagi Kelas X, XI dan mempersiapkan implementasinya bagi kelas XII di tahun ajaran 2015/2016.
6.
Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah :
a.
Dari
segi guru
1)
Meningkatnya
pemahaman penulis terkait konsep dan implementasi kurikulum 2013
2)
Meningkatnya
pemahaman penulis dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan
kurikulum 2013
3)
Meningkatnya
kompetensi penulis dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di kelas yang
diampu.
b.
Dari
segi siswa
1)
Siswa
lebih menikmati pembelajaran yang disampaikan oleh penulis dibuktikan dengan
keaktivan siswa dan nilai yang cenderung meningkat. Hal ini disebabkan karena
penulis melakukan inovasi dalam pembelajaran.
2)
Siswa
dapat lebih berinteraksi antar siswa dan dengan guru sebagai dampak dari
inovasi pembelajaran yang dilakukan guru.
PENGEMBANGAN
DIRI 2
Peningkatan
Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA/K
Tanggal 12, 13, 14, dan 15 Februari 2015
1.
Waktu
Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan
dilaksanakan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, Jln.
Kyai Mojo Srondol Semarang. Kegiatan Fasilitasi Peningkatan
Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun
2015 dilaksnakaan dalam 3 tahap :
Tahap
I berlangsung selama 4 hari pada hari Kamis s.d. Minggu, 12 – 15 Februari 2015. Tahap II, merupakan fasilitasi
konsultasi dan pembimbingan penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas
di masing-masing karesidenan pada bulan Mei dan Agustus 2015. Tahap III, adalah
workshop review program action research yang merupakan finalisasi rangkaian
kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian
Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015, dilaksanakan
pada tanggal 21 s.d. 24 September 2015 bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah,
Jln. Kyai Mojo Srondol Semarang.
Peserta
kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian
Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun 2015 Provinsi Jawa Tengah adalah guru
SMA/SMK sejumlah 105 orang yang merupakan wakil dari 35 Kabupaten/Kota di
Provinsi Jawa Tengah yang merupakan peserta Peningkatan Kompetensi Penyusunan
Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun 2014 Provinsi Jawa
Tengah
2.
Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan
adalah menjadi peserta Pelatihan Pnelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMA/K
Provinsi Jawa Tengah.
Strategi
pelaksanaan yang digunakan dalam proses kegiatan ini adalah ceramah, tanya
jawab, diskusi, kerja kelompok, penugasan, praktik penyusunan Laporan Hasil
Penelitian Tindakan Kelas, dan pembimbingan langsung ke masing-masing
karesidenan.
3.
Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan dari Kegiatan Fasilitasi
Peningkatan Kompetensi Penyusunan Peneilitian Tindakan Kelas guru Sekolah
Menengah SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 adalah :
a.
Menfasilitasi
guru dalam memahami dan melaksanakan kegiatan penelitian yang dapat dinilai
secara akademis sebagai karya tulis ilmiah.
b.
Meningkatkan
kompetensi guru dalam melakukan penelitian yang memenuhi kaidah persyaratan
akademik dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
c.
Meningkatkan
kauntitas dan kualitas hasil penelitian di bidang pendidikan yang dilakukan
para guru, serta terkumpulnya dokumen hasil penelitian yang dapat dijadikan
rujukan bagi guru lain.
d.
Memotivasi
guru untuk melakukan kegiatan pengembangan profesi.
4.
Uraian
Materi Pengembangan Diri
Materi
disampaikan oleh unsur :
a.
Pejabat
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
b.
Akademisi
LPTK di Jawa Tengah
c.
Widyaiswara
LPMP Provinsi Jawa Tengah :
1)
Dr.
H. Mulyadi HP, M.Pd
2)
Prof.
Dr. Tri Marhaeni PA, M.Hum
3)
Prof.
Dr. Rusdarti, M.Si
4)
Dr.
Subyantoro, M.Hum
5)
Dr.
Iwan Junaedi, M.Pd
6)
Dr.
Nugroho, M.Psi
Materi
yang disampaikan adalah :
1)
Permasalahan
dalam PTK
2)
Kajian
Teori dan Hipotesis Tindakan
3)
Prosedur
Metodologi PTK
4)
Instrumen
Penelitian dan Analisis Data
5)
Hasil
Tindakan dan Pembahasan dalam PTK
6)
Pelaporan
Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Materi
selengkapnya terlampir.
5.
Tindak
Lanjut
a.
Melaporkan
hasil kegiatan kepada instansi terkait, dalam hal ini SMK Negeri Tembarak dan
Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung.
b.
Mensosialisasikan
hasil pelatihan kepada tenaga pendidik SMK N Tembarak.
c.
Menyusun
proposal Penelitian Tindakan Kelas dan instrumen-instrumen penelitian yang
diperlukan.
d.
Melakukan
pembimbingan bersama peserta pelatihan eks karesidenan Kedu pada bulan Mei –
Agustus 2015.
e.
Menyelesaikan
laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas.
6.
Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah :
a.
Dari
segi guru
1)
Meningkatnya
pengetahuan kawasan permasalahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
2)
Meningkatnya
pengetahuan Kajian Teori dan Metodologi dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
3)
Meningkatnya
keterampilan menyusun instrumen, dan menganalisis data hasil penelitian
Tindakan Kelas (PTK).
4)
Meningkatnya
keterampilan menyusun judul dan rancangan Penelitian Tindakan Kelas sebagai
dasar bagi guru dalam melaksanakan penelitian.
5)
Meningkatnya
kompetensi dan keterampilan guru dalam menyusun laporan hasil penelitian, yang
dituangkan dalam buku laporan hasil penelitian tindakan kelas, dalam bentuk
makalah, dan dalam bentuk artikel ilmiah hasil penelitian.
6)
Meningkatnya
kualitas pembelajaran disekolah yang dapat bermuara pada meningkatnya mutu
pendidikan di Jawa Tengah.
b.
Dari
segi siswa
1)
Siswa
lebih menikmati pembelajaran yang disampaikan oleh penulis dibuktikan dengan
keaktivan siswa dan nilai yang cenderung meningkat. Hal ini disebabkan karena
penulis melakukan inovasi dalam pembelajaran.
2)
Siswa
dapat lebih berinteraksi antar siswa dan dengan guru sebagai dampak dari
inovasi pembelajaran yang dilakukan guru.
PENGEMBANGAN
DIRI 3
Review Peningkatan
Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA/K Provinsi Jawa Tengah 10, 11,
12, dan 13 September 2015
1.
Waktu
Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan di Wisma
P4G Universitas PGRI, Jln. Sriwijaya No. 31 – 34 Semarang. Workshop Review Penelitian Tindakan
Kelas adalah finalisasi rangkaian kegiatan Peningkatan Kompetensi Penelitian
Tindakan Kelas Guru Sekolah Menengah (SMA/SMK) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.
Kegiatan
dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada hari Kamis – Minggu, 10 – 13 September
2015.
Peserta
kegiatan Workhsop Review Kegiatan Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan
Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun 2015 Provinsi Jawa Tengah
adalah guru SMA/SMK sejumlah 105 orang yang merupakan wakil dari 35
Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan peserta Peningkatan
Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun
2015 Provinsi Jawa Tengah.
2.
Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang
dilakukan adalah menjadi peserta Review Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru
SMA/K Provinsi Jawa Tengah. Strategi pelaksanaan yang digunakan dalam proses
kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, penugasan,
praktik penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas, dan pembimbingan
langsung ke masing-masing karesidenan.
3.
Tujuan
Pengembangan Diri
Tujuan dari Kegiatan Review Kegiatan
Peningkatan Kompetensi Penyusunan Peneilitian Tindakan Kelas guru Sekolah
Menengah SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 adalah :
e.
Memfasilitasi
guru dalam memahami dan melaksanakan kegiatan penelitian yang dapat dinilai
secara akademis sebagai karya tulis ilmiah.
f.
Meningkatkan
kompetensi guru dalam melakukan penelitian yang memenuhi kaidah persyaratan
akademik dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
g.
Meningkatkan
kauntitas dan kualitas hasil penelitian di bidang pendidikan yang dilakukan
para guru, serta terkumpulnya dokumen hasil penelitian yang dapat dijadikan
rujukan bagi guru lain.
h.
Memotivasi
guru untuk melakukan kegiatan pengembangan profesi.
i.
Memfasilitasi
guru untuk melaksanakan diseminasi hasil penelitian tindakan kelas yang sudah
dilaksanakan agar hasil penelitian dapat dibaca dan menjadi rujukan bagi guru
lain yang melaksanakan PTK.
4.
Uraian
Materi Pengembangan Diri
Materi disampaikan oleh unsur :
a.
Pejabat
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
b.
Akademisi
LPTK di Jawa Tengah
c.
Widyaiswara
LPMP Provinsi Jawa Tengah :
1)
Dr.
H. Mulyadi HP, M.Pd
2)
Prof.
Dr. Tri Marhaeni PA, M.Hum
3)
Prof.
Dr. Rusdarti, M.Si
4)
Dr.
Subyantoro, M.Hum
5)
Dr.
Iwan Junaedi, M.Pd
6)
Dr.
Nugroho, M.Psi
Materi
yang disampaikan adalah :
1)
Permasalahan
dalam PTK
2)
Kajian
Teori dan Hipotesis Tindakan
3)
Prosedur
Metodologi PTK
4)
Instrumen
Penelitian dan Analisis Data
5)
Hasil
Tindakan dan Pembahasan dalam PTK
6)
Pelaporan
Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Materi
selengkapnya terlampir.
5.
Tindak
Lanjut
- Merevisi Laporan Hasil Penelitian (PTK) sesuai petunjuk pembimbing,
- Merevisi makalah dan artikel sesuai petunjuk pembimbing,
- Mempublikasikan karya ilmiah melalui Jurnal Didaktika,
- Rajin melaksanakan pengembangan profesi dengan melakukan penelitian atau penulisan ilmiah sesuai bidangnya,
- Melaporkan hasil kegiatan kepada instansi terkait, dalam hal ini SMK Negeri Tembarak dan Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung.
6.
Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang
penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah :
a.
Dari
segi guru
1)
Meningkatnya
pengetahuan kawasan permasalahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
2)
Meningkatnya
pengetahuan Kajian Teori dan Metodologi dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
3)
Meningkatnya
keterampilan menyusun instrumen, dan menganalisis data hasil penelitian
Tindakan Kelas (PTK).
4)
Meningkatnya
keterampilan menyusun judul dan rancangan Penelitian Tindakan Kelas sebagai
dasar bagi guru dalam melaksanakan penelitian.
5)
Meningkatnya
kompetensi dan keterampilan guru dalam menyusun laporan hasil penelitian, yang
dituangkan dalam buku laporan hasil penelitian tindakan kelas, dalam bentuk
makalah, dan dalam bentuk artikel ilmiah hasil penelitian.
6)
Meningkatnya
kualitas pembelajaran disekolah yang dapat bermuara pada meningkatnya mutu
pendidikan di Jawa Tengah.
b.
Dari
segi siswa
1)
Siswa
lebih menikmati pembelajaran yang disampaikan oleh penulis dibuktikan dengan
keaktivan siswa dan nilai yang cenderung meningkat. Hal ini disebabkan karena
penulis melakukan inovasi dalam pembelajaran.
2)
Siswa
dapat lebih berinteraksi antar siswa dan dengan guru sebagai dampak dari
inovasi pembelajaran yang dilakukan guru.
KEGIATAN KOLEKTIF GURU
1.
Seminar
PTK Guru SMK Negeri Tembarak, sebagai Pemakalah.
a.
Waktu
pelaksanaan dan Penyelenggaraa Kegiatan
Seminar
Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N Tembarak dilaksanakan pada hari
Selasa, 17 Februari 2015, bertempat di Gedung RPS SMK N Tembarak.
Seminar
berlangsung selama 1 hari dengan diisi oleh 2 pemakalah yang
memaparkan/mempresentasikan hasil PTK nya, yaitu :
NO.
|
Judul Penelitian
Tindakan Kelas
|
Pemakalah
|
1.
|
Peningkatan
Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika
Materi Peluang
Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Bu Kardu Bagi Siswa Kelas XII RPL A SMK N Tembarak Semester Gasal
Tahun Pelajaran 2014/2015
|
Asih
Rokhaeni, S.Pd.I
|
2.
|
Peningkatan
Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Penulisan Wacana Eksposisi
Melalui Pemanfaatan Media Gamri Siswa Kelas XI RPL C SMK Negeri Tembarak Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013
|
Arin
Prawiyati, S.Pd, M.Si
|
Penyelenggara
seminar adalah tim dari unsur guru SMK N Tembarak di bawah bimbingan Kepala
Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung dengan susunan kepanitiaan sbb :
NO.
|
NAMA
|
JABATAN
|
1.
|
Darmadi,
S.Pd
|
Pelindung
|
2.
|
Suratman,
S.TP, MP
|
Penanggung
jawab
|
3.
|
Arin
Prawiyati, S.Pd
|
Ketua
|
4.
|
Sugito,
S.Pd
|
Wakil
Ketua
|
5.
|
Setia
Dwi Utami, S.Si
|
Sekretaris
|
6.
|
Tety
Ardiyani, S.Pd
|
Bendahara
|
7.
|
M.
Khotibul Iman
|
Akomodasi
dan Dokumentasi
|
Seminar
dihadiri oleh 28 peserta, 9 diantaranya berasal dari 5 sekolah SMA dan SMK di
Kabupaten Temanggung.
b.
Jenis
Kegiatan
Jenis
kegiatan adalah seminar hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N Tembarak
Temanggung.
c.
Tujuan
1)
mendesiminasikan
hasil penelitian tindakan kelas,
2)
memberikan
variasi pembelajaran yang asyik, menarik, dan menyenangkan peserta didik,
3)
langkah
awal kegiatan pengembangan diri
d.
Uraian
Materi
Terlampir
e.
Tindak
Lanjut
1)
Merevisi
Laporan Hasil Penelitian (PTK)
2)
Merevisi
makalah dan artikel
3)
Mempublikasikan
karya ilmiah melalui Jurnal
4)
Rajin
melaksanakan pengembangan profesi dengan melakukan penelitian atau penulisan
ilmiah sesuai bidangnya
f.
Dampak
1)
Meningkatnya
kualitas guru SMK Kabupaten Temanggung dalam mengimplementasikan penulisan PTK.
2)
Meningkatnya
variasi pembelajaran yang menyenangkan
3)
Meningkatnya
kualitas pembelajaran
2.
Seminar
Nasional Metodologi Pembelajaran di UNTid Magelang, sebagai Peserta.
a.
Waktu
pelaksanaan dan Penyelenggaraa Kegiatan
Seminar
Nasional Metodologi Pembelajaran dengan tema “Menyederhanakan Yang Sulit”
diselenggarakan oleh Universitas Tidar Magelang, bertempat di Auditorium
UNTidar pada hari Rabu, 29 April 2015.
Pemateri
dalam seminar adalah Prof. Yohanes Surya, Ph.D (Rektor Surya University
Jakarta), diikuti oleh lebih dari 150 peserta dari unsur pendidik (guru),
dosen, pelajar, mahasiswa, dan praktisi pada bidang pendidikan.
b.
Jenis
Kegiatan
Seminar
Nasional.
c.
Tujuan
Memberikan
gambaran kepada peserta bahwa segala sesuatu dapat dikerjakan dengan mudah,
tergantung asumsi dan strategi dari masing-masing.
Memberikan
wacana bahwa semua orang pada dasarnya mempunyai kemampuan, hanya perlu diasah
secara kontinu untuk memaksimalkan kompetensinya.
d.
Tindak
Lanjut
Mengaplikasikan
hasil seminar dalam pembelajaran di sekolah, terutama terkait materi yang
eksak.
e.
Dampak
Mempermudah
belajar materi-materi sulit seperti matematika, fisika dan kimia.
Memunculkan
daya tarik bagi siswa sehingga siswa tidak sepenuhnya merasa bahwa belajar ilmu
eksak itu sulit dilakukan.
3.
Seminar
PTK Guru SMK Negeri Jumo Temanggung, sebagai Peserta.
a.
Waktu
pelaksanaan dan Penyelenggaraa Kegiatan
Seminar
Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N Jumo dilaksanakan pada hari tanggal
3 Februari 2015, bertempat di SMK N Jumo.
Seminar
berlangsung selama 1 hari dengan diisi oleh 2 pemakalah yang
memaparkan/mempresentasikan hasil PTK nya, yaitu Bp. Supardi dengan Bp. Andi
Handoyo yang keduanya merupakan guru mata pelajaran matematika.
b.
Jenis
Kegiatan
Seminar
hasil Penelitian Tindakan Kelas.
c.
Tujuan
1)
mendesiminasikan
hasil penelitian tindakan kelas,
2)
memberikan
variasi pembelajaran yang asyik, menarik, dan menyenangkan peserta didik,
3)
langkah
awal kegiatan pengembangan diri
d.
Uraian
Materi
terlampir
e.
Tindak
Lanjut
1)
Menyempurnakan
PTK
2)
Menyelenggarakan
seminar hasil PTK Guru SMK N Tembarak
f.
Dampak
1)
Menambah
kompetensi dalam menyusun PTK
2)
Mengetahui
proses dan prosedur seminar hasil PTK
3)
Meningkatkan
kemampuan guru dalam pengelolaan kelas
4.
Seminar
Review PTK Guru SMA/K Provinsi Jawa Tengah, sebagai Peserta.
a.
Waktu
Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan di Wisma
P4G Universitas PGRI, Jln. Sriwijaya No. 31 – 34 Semarang. Seminar Penelitian Tindakan Kelas
adalah finalisasi rangkaian kegiatan Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan
Kelas Guru Sekolah Menengah (SMA/SMK) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.
Kegiatan
dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada hari Kamis – Minggu, 10 – 13 September
2015.
Peserta
kegiatan adalah guru SMA/SMK sejumlah 105 orang yang merupakan wakil dari 35
Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan peserta Peningkatan
Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun
2015 Provinsi Jawa Tengah.
b.
Jenis
Kegiatan
Menjadi peserta seminar Penelitian
Tindakan Kelas Bagi Guru SMA/K Provinsi Jawa Tengah.
c.
Tujuan
Tujuan dari Kegiatan Review Kegiatan
Peningkatan Kompetensi Penyusunan Peneilitian Tindakan Kelas guru Sekolah
Menengah SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 adalah :
1)
Memfasilitasi
guru dalam memahami dan melaksanakan kegiatan penelitian yang dapat dinilai
secara akademis sebagai karya tulis ilmiah.
2)
Meningkatkan
kompetensi guru dalam melakukan penelitian yang memenuhi kaidah persyaratan
akademik dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
3)
Meningkatkan
kauntitas dan kualitas hasil penelitian di bidang pendidikan yang dilakukan
para guru, serta terkumpulnya dokumen hasil penelitian yang dapat dijadikan
rujukan bagi guru lain.
4)
Memotivasi
guru untuk melakukan kegiatan pengembangan profesi.
5)
Memfasilitasi
guru untuk melaksanakan diseminasi hasil penelitian tindakan kelas yang sudah
dilaksanakan agar hasil penelitian dapat dibaca dan menjadi rujukan bagi guru
lain yang melaksanakan PTK.
c.
Tindak
Lanjut
1)
Merevisi
Laporan Hasil Penelitian (PTK) sesuai petunjuk pembimbing,
2)
Merevisi
makalah dan artikel sesuai petunjuk pembimbing,
3)
Mempublikasikan
karya ilmiah melalui Jurnal Didaktika,
4)
Rajin
melaksanakan pengembangan profesi dengan melakukan penelitian atau penulisan
ilmiah sesuai bidangnya,
5.
Workshop Pengembangan Pembelajaran Matematika MGMP
Kabupaten Temanggung, sebagai Peserta
a.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggaraan
Workshop Pengembangan Pembelajaran Matematika yang
diselenggarakan oleh MGMP Matematika SMK Kab. Temanggung dilaksanakan pada
semester genap tahun pelajaran 2014/2015, yaitu pada bulan Januari – April
2014. Workshop dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan di setiap hari jumat.
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota MGMP
Matematika SMK Kab Temanggung, baik pada rumpun Teknik, Bismen ataupun
Pariwisata.
b.
Jenis Kegiatan
Workshop Pengembangan
Pembelajaran Matematika Guru SMK.
c.
Tujuan
1)
Dapat menyusun dan mengembangkan soal siap Ujian Nasional sesuai dengan
SKL UN yang dapat dijadikan latihan bagi siswa menjelang pelaksanaan Ujian
Nasional.
2)
Guru mampu menyusun soal sesuai dengan kaidah penyusunan soal yang baik,
berbobot dan terkini.
3)
Mempersiapkan siswa dalam ajang kompetisi OSTN (Olimpiade Sain Terapan
Nasional).
4)
Meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan berbagai metode dan
media pembelajaran sehingga menarik bagi siswa, salah satunya dengan
pemanfaatan IT.
5)
Mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT
d.
Tindak Lanjut
1)
Mempersiapkan siswa SMK N Tembarak semaksimal mungkin dalam pelaksanaan
Ujian Nasional melalui berbagai latihan soal.
2)
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti kompetisi OSTN.
3)
Mengembangkan dan mengaplikasikan media pembelajaran berbasis ICT dalam
proses pembelajaran
PENUTUP
Pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan merupakan tuntutan bagi guru dalam kenaikan
pangkat dan jabatan. Guru yang akan mengajukan kenaikan pangkat dan jabatan
diwajibkan untuk melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan minimal sama
dengan yang tertuang dalam permen PAN-RB nomor 16 tahun 2009.
Guru
memang perlu mengembangkan diri, mengembangkan kompetensinya, banyak manfaat
yang diperoleh guru, hal-hal yang baru didapat dengan mengikuti kegiatan
pengembangan diri maka pengetahuan, wawasan dan keterampilan guru akan bertambah
sehingga guru dapat memberikan pelayanan yang baik di bidang pendidikan dan
akhirnya akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Demikian
Laporan Pengembangan Diri ini dibuat, kiranya dapat menjadi tambahan wawasan
bagi yang berkepentingan.
Lampiran 1
REKAPITULASI
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
TAHUN
2015
No
|
Nama Kegiatan
|
Materi PD/ Kompetensi
|
Peran Guru
|
Waktu/Jam PD
|
Nama Fasilitator
|
Tempat Kegiatan
|
Institusi
Penyelenggara
|
1
|
Diklat
Kurikulum 2013 Guru Sasaran Jenjang SMA/K Prov Jawa Tengah
|
Ø Konsep Kurikulum 2013 (Rasional dan
elemen Kurikulum, SKL, KI, KD, dan Strategi Implementasi K 13, Pendekatan,
Penilaian dan Model Pembelajaran pada K 13)
Ø Analisis Buku Guru dan Buku Siswa
Ø Perancangan Pembelajaran dan Penilaian
Ø Praktik Pembelajaran Terbimbing
|
Peserta
|
Tanggal 11, -15 Agustus 2014
|
Ø Drs. Martoyo
Ø Drs. Sukamto
Ø Dra. Sri Wardani
Ø Drs. Markaban, M.Si
Ø Dra. Th. Widyantini, M.Si
Ø Estina Ekawati, S.Si, M.Pd.Si
|
PPPPTK Matematika YKT
|
Dinas Pendidikan
Prov. Jawa Tengah
|
2
|
Diklat Peningkatan Kompetensi
Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA/K Prov. Jawa Tengah
|
Ø Kebijakan Pendiidkan
Ø Permasalahan dalam PTK
Ø Kajian Teori da Hipotesis Tindakan
Ø Prosedur Metodologi PTK
Ø Hasil Tindakan dan Pembahasan
Ø Laporah Hasil PTK
Ø Menyusun Artikel Ilmiah
|
Peserta
|
12 – 15 Februari 2015
|
1)
Dr.
Mulyono
2)
Prof.
Dr. Tri Marhaeni PA, M.Hum
3)
Prof.
Dr. Rusdarti, M.Si
4)
Dr.
Subyantoro, M.Hum
5)
Dr.
Iwan Junaedi, M.Pd
6)
Dr.
Nugroho, M.Psi
7)
Mu
|
LPMP Semarang
|
Dinas Pendidikan
Prov. Jawa Tengah
|
3
|
Diklat Review Peningkatan
Kompetensi Penelitian Tindkan Kelas Guru SMA/K Prov Jawa Tengah
|
Ø Kebijakan Pendiidkan
Ø Permasalahan dalam PTK
Ø Kajian Teori da Hipotesis Tindakan
Ø Prosedur Metodologi PTK
Ø Hasil Tindakan dan Pembahasan
Ø Laporah Hasil PTK
Ø Menyusun Artikel Ilmiah
|
Peserta
|
10 – 13 Sept 2015
|
1)
Dr.Mulyono
2)
Prof.
Dr. Tri Marhaeni PA, M.Hum
3)
Prof.
Dr. Rusdarti, M.Si
4)
Dr.
Subyantoro, M.Hum
5)
Dr.
Iwan Junaedi, M.Pd
6)
Dr.
Nugroho, M.Psi
|
Wisma P4G Universitas
PGRI Semarang
|
Dinas Pendidikan
Prov. Jawa Tengah
|
4
|
Seminar Hasil Penelitian Tindakan
Kelas Guru SMK N Tembarak
|
|
Pemakalah
|
17 Feb 2015
|
|
Gedung RPS SMK N
Tembarak
|
SMK N Tembarak
|
5
|
Seminar Nasional Metodologi
Pembelajaran
|
Metodologi
Pembelajaran “Menyederhanakan Yang Sulit”
|
Peserta
|
29 April 2015
|
Prof. Yohanes Surya
|
Auditorium Un. Tidar
Magelang
|
Un. Tidar Magelang
|
6
|
Seminar Hasil Penelitian Tindakan
Kelas Guru SMK N Jumo
|
|
Peserta
|
3 Feb 2015
|
|
SMK N Jumo
|
SMK N Jumo
|
7
|
Seminar Hasil Penelitian Kelas
Guru SMA/K Prov Jateng
|
|
Peserta
|
10 – 13 Sept 2015
|
|
Wisma P4G Universitas
PGRI Semarang
|
Dinas Pend.Prov. Jawa
Tengah
|
8
|
Workshop
Pengembangan Pembelajaran Matematika
|
|
Peserta
|
Januari –
April 2015
|
|
SMK N 2
Temanggung
|
MGMP
Matematika SMK Kab. Temanggung
|
![]() |

How to bet on sports toto - Sporting 100
BalasHapusThe sports betting market is growing more and more popular, thanks to the introduction of the betting 토토사이트 exchanges. Here, you'll find what the bettors are