Minggu, 02 Oktober 2016

Laporan Pengembangan Diri



PENDAHULUAN

1.             Latar Belakang Melaksanakan Pengembangan Diri
Guru sebagai Tenaga Pendidik Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan ketrampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang semakin berkualitas. Tugas guru profesional tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih saja melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan profesionalismenya. Menurut PermenegPAN dan RB No 16 Tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu : 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) melakukan publikasi ilmiah, dan 3) menemukan dan menciptakan karya-karya inovatif.
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di Kelompok Kerja Guru (KKG) termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan kegiatan lain di luar KKG termasuk ke dalam diklat fungsional. Yang berhak mengeluarkan sertifikat diklat fungsional adalah LPMP, P4TK, dan badan diklat daerah.
  Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sebagai seorang guru, juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya.

2.             Tujuan Melaksanakan Pengembangan Diri
Berdasarkan latar belakang di atas, pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan :
a.       Mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik
b.      Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi, misal untuk kenaikan pangkat dari golongan III b ke III c dibutuhkan minimal 3  pengembangan diri.


PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI

PENGEMBANGAN DIRI 1
Diklat Kurikulum 2013 Guru Sasaran Jenjang SMA/K Prov Jawa Tengah
Tanggal  11, 12, 13, 14, dan 15 Agustus 2014
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran Tambahan SMK Provinsi Jawa Tengah Angkatan I dilaksanakan mulai tanggal 11 s.d. 15 Agustus 2014 dengan pola 52 jam pelajaran @ 45 menit di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PPPPTK Matematika Yogyakarta.
Peserta kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran Tambahan SMK Provinsi Jawa Tengah Angkatan I sejumlah 150 orang dari Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah yang belum pernah mengikuti pelatihan, atau kegiatan sejenis baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota/Kabupaten.
2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran SMK Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh PPPPTK Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini menggunakan pendekatan andragogi dengan menerapkan pola diskusi, sedangkan untuk ceramah atau paparan teori diberikan untuk memperkaya materi dalam proses diskusi atau pengambilan keputusan. Sedangkan Strategi pelaksanaan pelatihan berjenjang sebagaimana dapat dicermati dalam bagan berikut :


 









Materi disampaikan oleh Instruktur Nasional yang telah mengikuti Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 dan dinyatakan lulus serta memiliki pengetahuan tentang konsep dan implementasi Kurikulum 2013 secara utuh. Daftar Narasumber adalah :
1)      Drs. Martoyo
2)      Drs. Sukamto
3)      Dra. Sri Wardani
4)      Drs. Markaban, M.Si
5)      Dra. Th. Widyantini, M.Si
6)      Estina Ekawati, S.Si, M.Pd.Si
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran Tambahan SMK Provinsi Jawa Tengah Angkatan I adalah :
a.       Memfasilitasi guru dalam memahami materi pelatihan berupa konsep dan implementasi Kurikulum 2013.
b.      Guru mampu melaksanakan tugas mengajar sesuai dengan tuntutan dan karakteristik Kurikulum 2013 yang meliputi Kompetensi Lulusan, Isi, Proses Pembelajaran, dan Penilaian Kurikulum 2013.
4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Terlampir
5.      Tindak Lanjut
  1. Melaporkan hasil kegiatan kepada instansi terkait, dalam hal ini SMK Negeri Tembarak dan Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung.
  2. Mensosialisasikan hasil pelatihan kepada tenaga pendidik SMK N Tembarak melalui forum MGMP Matematika Sekolah.
  3. Mengimplementasikan Kurikulum 2013 bagi Kelas X, XI dan mempersiapkan implementasinya bagi kelas XII di tahun ajaran 2015/2016.
6.      Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah :
a.       Dari segi guru
1)          Meningkatnya pemahaman penulis terkait konsep dan implementasi kurikulum 2013
2)          Meningkatnya pemahaman penulis dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013
3)          Meningkatnya kompetensi penulis dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di kelas yang diampu.
b.      Dari segi siswa
1)          Siswa lebih menikmati pembelajaran yang disampaikan oleh penulis dibuktikan dengan keaktivan siswa dan nilai yang cenderung meningkat. Hal ini disebabkan karena penulis melakukan inovasi dalam pembelajaran.
2)          Siswa dapat lebih berinteraksi antar siswa dan dengan guru sebagai dampak dari inovasi pembelajaran yang dilakukan guru.

PENGEMBANGAN DIRI 2
Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA/K
Tanggal  12, 13, 14, dan 15 Februari 2015
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, Jln. Kyai Mojo Srondol Semarang. Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun 2015 dilaksnakaan dalam 3 tahap :
Tahap I berlangsung selama 4 hari pada hari Kamis s.d. Minggu, 12 – 15 Februari 2015. Tahap II, merupakan fasilitasi konsultasi dan pembimbingan penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas di masing-masing karesidenan pada bulan Mei dan Agustus 2015. Tahap III, adalah workshop review program action research yang merupakan finalisasi rangkaian kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015, dilaksanakan pada tanggal 21 s.d. 24 September 2015 bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, Jln. Kyai Mojo Srondol Semarang.
Peserta kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun 2015 Provinsi Jawa Tengah adalah guru SMA/SMK sejumlah 105 orang yang merupakan wakil dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan peserta Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun 2014 Provinsi Jawa Tengah
2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta Pelatihan Pnelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMA/K Provinsi Jawa Tengah.
Strategi pelaksanaan yang digunakan dalam proses kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, penugasan, praktik penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas, dan pembimbingan langsung ke masing-masing karesidenan.
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Penyusunan Peneilitian Tindakan Kelas guru Sekolah Menengah SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 adalah :
a.       Menfasilitasi guru dalam memahami dan melaksanakan kegiatan penelitian yang dapat dinilai secara akademis sebagai karya tulis ilmiah.
b.      Meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan penelitian yang memenuhi kaidah persyaratan akademik dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
c.       Meningkatkan kauntitas dan kualitas hasil penelitian di bidang pendidikan yang dilakukan para guru, serta terkumpulnya dokumen hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan bagi guru lain.
d.      Memotivasi guru untuk melakukan kegiatan pengembangan profesi.
4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi disampaikan oleh unsur :
a.       Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
b.      Akademisi LPTK di Jawa Tengah
c.       Widyaiswara LPMP Provinsi Jawa Tengah :
1)      Dr. H. Mulyadi HP, M.Pd
2)      Prof. Dr. Tri Marhaeni PA, M.Hum
3)      Prof. Dr. Rusdarti, M.Si
4)      Dr. Subyantoro, M.Hum
5)      Dr. Iwan Junaedi, M.Pd
6)      Dr. Nugroho, M.Psi


Materi yang disampaikan adalah :
1)      Permasalahan dalam PTK
2)      Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan
3)      Prosedur Metodologi PTK
4)      Instrumen Penelitian dan Analisis Data
5)      Hasil Tindakan dan Pembahasan dalam PTK
6)      Pelaporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Materi selengkapnya terlampir.
5.      Tindak Lanjut
a.       Melaporkan hasil kegiatan kepada instansi terkait, dalam hal ini SMK Negeri Tembarak dan Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung.
b.      Mensosialisasikan hasil pelatihan kepada tenaga pendidik SMK N Tembarak.
c.       Menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas dan instrumen-instrumen penelitian yang diperlukan.
d.      Melakukan pembimbingan bersama peserta pelatihan eks karesidenan Kedu pada bulan Mei – Agustus 2015.
e.       Menyelesaikan laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas.
6.      Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah :
a.       Dari segi guru
1)      Meningkatnya pengetahuan kawasan permasalahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
2)      Meningkatnya pengetahuan Kajian Teori dan Metodologi dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
3)      Meningkatnya keterampilan menyusun instrumen, dan menganalisis data hasil penelitian Tindakan Kelas (PTK).
4)      Meningkatnya keterampilan menyusun judul dan rancangan Penelitian Tindakan Kelas sebagai dasar bagi guru dalam melaksanakan penelitian.
5)      Meningkatnya kompetensi dan keterampilan guru dalam menyusun laporan hasil penelitian, yang dituangkan dalam buku laporan hasil penelitian tindakan kelas, dalam bentuk makalah, dan dalam bentuk artikel ilmiah hasil penelitian.
6)      Meningkatnya kualitas pembelajaran disekolah yang dapat bermuara pada meningkatnya mutu pendidikan di Jawa Tengah.
b.      Dari segi siswa
1)          Siswa lebih menikmati pembelajaran yang disampaikan oleh penulis dibuktikan dengan keaktivan siswa dan nilai yang cenderung meningkat. Hal ini disebabkan karena penulis melakukan inovasi dalam pembelajaran.
2)          Siswa dapat lebih berinteraksi antar siswa dan dengan guru sebagai dampak dari inovasi pembelajaran yang dilakukan guru.

PENGEMBANGAN DIRI 3
Review Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA/K Provinsi Jawa Tengah 10, 11, 12, dan 13 September 2015
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan di Wisma P4G Universitas PGRI, Jln. Sriwijaya No. 31 – 34  Semarang. Workshop Review Penelitian Tindakan Kelas adalah finalisasi rangkaian kegiatan Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Guru Sekolah Menengah (SMA/SMK) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.
Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada hari Kamis – Minggu, 10 – 13 September 2015.
Peserta kegiatan Workhsop Review Kegiatan Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun 2015 Provinsi Jawa Tengah adalah guru SMA/SMK sejumlah 105 orang yang merupakan wakil dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan peserta Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun 2015 Provinsi Jawa Tengah.
2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta Review Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMA/K Provinsi Jawa Tengah. Strategi pelaksanaan yang digunakan dalam proses kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, penugasan, praktik penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas, dan pembimbingan langsung ke masing-masing karesidenan.
3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari Kegiatan Review Kegiatan Peningkatan Kompetensi Penyusunan Peneilitian Tindakan Kelas guru Sekolah Menengah SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 adalah :
e.       Memfasilitasi guru dalam memahami dan melaksanakan kegiatan penelitian yang dapat dinilai secara akademis sebagai karya tulis ilmiah.
f.       Meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan penelitian yang memenuhi kaidah persyaratan akademik dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
g.      Meningkatkan kauntitas dan kualitas hasil penelitian di bidang pendidikan yang dilakukan para guru, serta terkumpulnya dokumen hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan bagi guru lain.
h.      Memotivasi guru untuk melakukan kegiatan pengembangan profesi.
i.        Memfasilitasi guru untuk melaksanakan diseminasi hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan agar hasil penelitian dapat dibaca dan menjadi rujukan bagi guru lain yang melaksanakan PTK.
4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi disampaikan oleh unsur :                                         
a.       Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
b.      Akademisi LPTK di Jawa Tengah
c.       Widyaiswara LPMP Provinsi Jawa Tengah :
1)      Dr. H. Mulyadi HP, M.Pd
2)      Prof. Dr. Tri Marhaeni PA, M.Hum
3)      Prof. Dr. Rusdarti, M.Si
4)      Dr. Subyantoro, M.Hum
5)      Dr. Iwan Junaedi, M.Pd
6)      Dr. Nugroho, M.Psi
Materi yang disampaikan adalah :
1)      Permasalahan dalam PTK
2)      Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan
3)      Prosedur Metodologi PTK
4)      Instrumen Penelitian dan Analisis Data
5)      Hasil Tindakan dan Pembahasan dalam PTK
6)      Pelaporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Materi selengkapnya terlampir.
5.      Tindak Lanjut
  1. Merevisi Laporan Hasil Penelitian (PTK) sesuai petunjuk pembimbing,
  2. Merevisi makalah dan artikel sesuai petunjuk pembimbing,
  3. Mempublikasikan karya ilmiah melalui Jurnal Didaktika,
  4. Rajin melaksanakan pengembangan profesi dengan melakukan penelitian atau penulisan ilmiah sesuai bidangnya,
  5. Melaporkan hasil kegiatan kepada instansi terkait, dalam hal ini SMK Negeri Tembarak dan Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung.
6.      Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah :
a.       Dari segi guru
1)      Meningkatnya pengetahuan kawasan permasalahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
2)      Meningkatnya pengetahuan Kajian Teori dan Metodologi dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
3)      Meningkatnya keterampilan menyusun instrumen, dan menganalisis data hasil penelitian Tindakan Kelas (PTK).
4)      Meningkatnya keterampilan menyusun judul dan rancangan Penelitian Tindakan Kelas sebagai dasar bagi guru dalam melaksanakan penelitian.
5)      Meningkatnya kompetensi dan keterampilan guru dalam menyusun laporan hasil penelitian, yang dituangkan dalam buku laporan hasil penelitian tindakan kelas, dalam bentuk makalah, dan dalam bentuk artikel ilmiah hasil penelitian.
6)      Meningkatnya kualitas pembelajaran disekolah yang dapat bermuara pada meningkatnya mutu pendidikan di Jawa Tengah.
b.      Dari segi siswa
1)        Siswa lebih menikmati pembelajaran yang disampaikan oleh penulis dibuktikan dengan keaktivan siswa dan nilai yang cenderung meningkat. Hal ini disebabkan karena penulis melakukan inovasi dalam pembelajaran.
2)          Siswa dapat lebih berinteraksi antar siswa dan dengan guru sebagai dampak dari inovasi pembelajaran yang dilakukan guru.
KEGIATAN KOLEKTIF GURU
1.      Seminar PTK Guru SMK Negeri Tembarak, sebagai Pemakalah.
a.       Waktu pelaksanaan dan Penyelenggaraa Kegiatan
Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N Tembarak dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Februari 2015, bertempat di Gedung RPS SMK N Tembarak.
Seminar berlangsung selama 1 hari dengan diisi oleh 2 pemakalah yang memaparkan/mempresentasikan hasil PTK nya, yaitu :
NO.
Judul Penelitian Tindakan Kelas
Pemakalah
1.
Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika
Materi Peluang Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Bu Kardu Bagi Siswa Kelas XII RPL A SMK N Tembarak Semester Gasal
Tahun Pelajaran 2014/2015
Asih Rokhaeni, S.Pd.I
2.
Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Penulisan Wacana Eksposisi Melalui Pemanfaatan Media Gamri Siswa Kelas XI RPL C SMK Negeri Tembarak Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013
Arin Prawiyati, S.Pd, M.Si
Penyelenggara seminar adalah tim dari unsur guru SMK N Tembarak di bawah bimbingan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung dengan susunan kepanitiaan sbb :
NO.
NAMA
JABATAN
1.
Darmadi, S.Pd
Pelindung
2.
Suratman, S.TP, MP
Penanggung jawab
3.
Arin Prawiyati, S.Pd
Ketua
4.
Sugito, S.Pd
Wakil Ketua
5.
Setia Dwi Utami, S.Si
Sekretaris
6.
Tety Ardiyani, S.Pd
Bendahara
7.
M. Khotibul Iman
Akomodasi dan Dokumentasi









Seminar dihadiri oleh 28 peserta, 9 diantaranya berasal dari 5 sekolah SMA dan SMK di Kabupaten Temanggung.
b.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan adalah seminar hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N Tembarak Temanggung.
c.       Tujuan
1)      mendesiminasikan hasil penelitian tindakan kelas,
2)      memberikan variasi pembelajaran yang asyik, menarik, dan menyenangkan peserta  didik,
3)      langkah awal kegiatan pengembangan diri
d.      Uraian Materi
Terlampir
e.       Tindak Lanjut
1)      Merevisi Laporan Hasil Penelitian (PTK)
2)      Merevisi makalah dan artikel
3)      Mempublikasikan karya ilmiah melalui Jurnal
4)      Rajin melaksanakan pengembangan profesi dengan melakukan penelitian atau penulisan ilmiah sesuai bidangnya
f.       Dampak
1)      Meningkatnya kualitas guru SMK Kabupaten Temanggung dalam mengimplementasikan penulisan PTK.
2)      Meningkatnya variasi pembelajaran yang menyenangkan
3)      Meningkatnya kualitas pembelajaran
2.      Seminar Nasional Metodologi Pembelajaran di UNTid Magelang, sebagai Peserta.
a.       Waktu pelaksanaan dan Penyelenggaraa Kegiatan
Seminar Nasional Metodologi Pembelajaran dengan tema “Menyederhanakan Yang Sulit” diselenggarakan oleh Universitas Tidar Magelang, bertempat di Auditorium UNTidar pada hari Rabu, 29 April 2015.
Pemateri dalam seminar adalah Prof. Yohanes Surya, Ph.D (Rektor Surya University Jakarta), diikuti oleh lebih dari 150 peserta dari unsur pendidik (guru), dosen, pelajar, mahasiswa, dan praktisi pada bidang pendidikan.
b.      Jenis Kegiatan
Seminar Nasional.
c.       Tujuan
Memberikan gambaran kepada peserta bahwa segala sesuatu dapat dikerjakan dengan mudah, tergantung asumsi dan strategi dari masing-masing.
Memberikan wacana bahwa semua orang pada dasarnya mempunyai kemampuan, hanya perlu diasah secara kontinu untuk memaksimalkan kompetensinya.
d.      Tindak Lanjut
Mengaplikasikan hasil seminar dalam pembelajaran di sekolah, terutama terkait materi yang eksak.
e.       Dampak
Mempermudah belajar materi-materi sulit seperti matematika, fisika dan kimia.
Memunculkan daya tarik bagi siswa sehingga siswa tidak sepenuhnya merasa bahwa belajar ilmu eksak itu sulit dilakukan.
3.      Seminar PTK Guru SMK Negeri Jumo Temanggung, sebagai Peserta.
a.       Waktu pelaksanaan dan Penyelenggaraa Kegiatan
Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N Jumo dilaksanakan pada hari tanggal 3 Februari 2015, bertempat di SMK N Jumo.
Seminar berlangsung selama 1 hari dengan diisi oleh 2 pemakalah yang memaparkan/mempresentasikan hasil PTK nya, yaitu Bp. Supardi dengan Bp. Andi Handoyo yang keduanya merupakan guru mata pelajaran matematika.
b.      Jenis Kegiatan
Seminar hasil Penelitian Tindakan Kelas.
c.       Tujuan
1)      mendesiminasikan hasil penelitian tindakan kelas,
2)      memberikan variasi pembelajaran yang asyik, menarik, dan menyenangkan peserta  didik,
3)      langkah awal kegiatan pengembangan diri
d.      Uraian Materi
terlampir
e.       Tindak Lanjut
1)      Menyempurnakan PTK
2)      Menyelenggarakan seminar hasil PTK Guru SMK N Tembarak
f.       Dampak
1)      Menambah kompetensi dalam menyusun PTK

2)      Mengetahui proses dan prosedur seminar hasil PTK
3)      Meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas

4.      Seminar Review PTK Guru SMA/K Provinsi Jawa Tengah, sebagai Peserta.
a.       Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan di Wisma P4G Universitas PGRI, Jln. Sriwijaya No. 31 – 34  Semarang. Seminar Penelitian Tindakan Kelas adalah finalisasi rangkaian kegiatan Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Guru Sekolah Menengah (SMA/SMK) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.
Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada hari Kamis – Minggu, 10 – 13 September 2015.
Peserta kegiatan adalah guru SMA/SMK sejumlah 105 orang yang merupakan wakil dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan peserta Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA/SMK Tahun 2015 Provinsi Jawa Tengah.
b.      Jenis Kegiatan
Menjadi peserta seminar Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMA/K Provinsi Jawa Tengah.
c.       Tujuan
Tujuan dari Kegiatan Review Kegiatan Peningkatan Kompetensi Penyusunan Peneilitian Tindakan Kelas guru Sekolah Menengah SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 adalah :
1)      Memfasilitasi guru dalam memahami dan melaksanakan kegiatan penelitian yang dapat dinilai secara akademis sebagai karya tulis ilmiah.
2)      Meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan penelitian yang memenuhi kaidah persyaratan akademik dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
3)      Meningkatkan kauntitas dan kualitas hasil penelitian di bidang pendidikan yang dilakukan para guru, serta terkumpulnya dokumen hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan bagi guru lain.
4)      Memotivasi guru untuk melakukan kegiatan pengembangan profesi.
5)      Memfasilitasi guru untuk melaksanakan diseminasi hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan agar hasil penelitian dapat dibaca dan menjadi rujukan bagi guru lain yang melaksanakan PTK.
c.       Tindak Lanjut
1)      Merevisi Laporan Hasil Penelitian (PTK) sesuai petunjuk pembimbing,
2)      Merevisi makalah dan artikel sesuai petunjuk pembimbing,
3)      Mempublikasikan karya ilmiah melalui Jurnal Didaktika,
4)      Rajin melaksanakan pengembangan profesi dengan melakukan penelitian atau penulisan ilmiah sesuai bidangnya,

5.      Workshop Pengembangan Pembelajaran Matematika MGMP Kabupaten Temanggung, sebagai Peserta
a.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggaraan
Workshop Pengembangan Pembelajaran Matematika yang diselenggarakan oleh MGMP Matematika SMK Kab. Temanggung dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, yaitu pada bulan Januari – April 2014. Workshop dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan di setiap hari jumat.
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota MGMP Matematika SMK Kab Temanggung, baik pada rumpun Teknik, Bismen ataupun Pariwisata.
b.      Jenis Kegiatan
  Workshop Pengembangan Pembelajaran Matematika Guru SMK.
c.       Tujuan
1)      Dapat menyusun dan mengembangkan soal siap Ujian Nasional sesuai dengan SKL UN yang dapat dijadikan latihan bagi siswa menjelang pelaksanaan Ujian Nasional.
2)      Guru mampu menyusun soal sesuai dengan kaidah penyusunan soal yang baik, berbobot dan terkini.
3)      Mempersiapkan siswa dalam ajang kompetisi OSTN (Olimpiade Sain Terapan Nasional).
4)      Meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan berbagai metode dan media pembelajaran sehingga menarik bagi siswa, salah satunya dengan pemanfaatan IT.
5)      Mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT



d.      Tindak Lanjut
1)      Mempersiapkan siswa SMK N Tembarak semaksimal mungkin dalam pelaksanaan Ujian Nasional melalui berbagai latihan soal.
2)      Mempersiapkan siswa untuk mengikuti kompetisi OSTN.
3)      Mengembangkan dan mengaplikasikan media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran


PENUTUP


Pengembangan keprofesionalan berkelanjutan merupakan tuntutan bagi guru dalam kenaikan pangkat dan jabatan. Guru yang akan mengajukan kenaikan pangkat dan jabatan diwajibkan untuk melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan minimal sama dengan yang tertuang dalam permen PAN-RB nomor 16 tahun 2009.
Guru memang perlu mengembangkan diri, mengembangkan kompetensinya, banyak manfaat yang diperoleh guru, hal-hal yang baru didapat dengan mengikuti kegiatan pengembangan diri maka pengetahuan, wawasan dan keterampilan guru akan bertambah sehingga guru dapat memberikan pelayanan yang baik di bidang pendidikan dan akhirnya akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Demikian Laporan Pengembangan Diri ini dibuat, kiranya dapat menjadi tambahan wawasan bagi yang berkepentingan.


















Lampiran 1
REKAPITULASI PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
TAHUN 2015

No
Nama Kegiatan
Materi PD/ Kompetensi
Peran Guru
Waktu/Jam PD
Nama Fasilitator
Tempat Kegiatan
Institusi Penyelenggara
1
Diklat Kurikulum 2013 Guru Sasaran Jenjang SMA/K Prov Jawa Tengah

Ø Konsep Kurikulum 2013 (Rasional dan elemen Kurikulum, SKL, KI, KD, dan Strategi Implementasi K 13, Pendekatan, Penilaian dan Model Pembelajaran pada K 13)
Ø Analisis Buku Guru dan Buku Siswa
Ø Perancangan Pembelajaran dan Penilaian
Ø Praktik Pembelajaran Terbimbing
Peserta
Tanggal  11, -15 Agustus 2014

Ø Drs. Martoyo
Ø Drs. Sukamto
Ø Dra. Sri Wardani
Ø Drs. Markaban, M.Si
Ø Dra. Th. Widyantini, M.Si
Ø Estina Ekawati, S.Si, M.Pd.Si
PPPPTK Matematika YKT
Dinas Pendidikan Prov. Jawa Tengah
2
Diklat Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA/K Prov. Jawa Tengah
Ø Kebijakan Pendiidkan
Ø Permasalahan dalam PTK
Ø Kajian Teori da Hipotesis Tindakan
Ø Prosedur Metodologi PTK
Ø Hasil Tindakan dan Pembahasan
Ø Laporah Hasil PTK
Ø Menyusun Artikel Ilmiah
Peserta
12 – 15 Februari 2015
1)    Dr. Mulyono
2)    Prof. Dr. Tri Marhaeni PA, M.Hum
3)    Prof. Dr. Rusdarti, M.Si
4)    Dr. Subyantoro, M.Hum
5)    Dr. Iwan Junaedi, M.Pd
6)    Dr. Nugroho, M.Psi
7)       Mu
LPMP Semarang
Dinas Pendidikan Prov. Jawa Tengah
3
Diklat Review Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindkan Kelas Guru SMA/K Prov Jawa Tengah
Ø Kebijakan Pendiidkan
Ø Permasalahan dalam PTK
Ø Kajian Teori da Hipotesis Tindakan
Ø Prosedur Metodologi PTK
Ø Hasil Tindakan dan Pembahasan
Ø Laporah Hasil PTK
Ø Menyusun Artikel Ilmiah
Peserta
10 – 13 Sept  2015
1)    Dr.Mulyono
2)    Prof. Dr. Tri Marhaeni PA, M.Hum
3)    Prof. Dr. Rusdarti, M.Si
4)    Dr. Subyantoro, M.Hum
5)    Dr. Iwan Junaedi, M.Pd
6)    Dr. Nugroho, M.Psi
Wisma P4G Universitas PGRI Semarang
Dinas Pendidikan Prov. Jawa Tengah
4
Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N Tembarak

Pemakalah
17 Feb 2015

Gedung RPS SMK N Tembarak
SMK N Tembarak
5
Seminar Nasional Metodologi Pembelajaran
Metodologi Pembelajaran “Menyederhanakan Yang Sulit”
Peserta
29 April 2015
Prof. Yohanes Surya
Auditorium Un. Tidar Magelang
Un. Tidar Magelang
6
Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N Jumo

Peserta
3 Feb 2015

SMK N Jumo
SMK N Jumo
7
Seminar Hasil Penelitian Kelas Guru SMA/K Prov Jateng

Peserta
10 – 13 Sept 2015

Wisma P4G Universitas PGRI Semarang
Dinas Pend.Prov. Jawa Tengah
8
Workshop Pengembangan Pembelajaran Matematika

Peserta
Januari – April 2015

SMK N 2 Temanggung
MGMP Matematika SMK Kab. Temanggung






 
Rounded Rectangle:  
LAMPIRAN
Kegiatan Kolektif Guru
Rekapitulasi Pelaksanaan Pengembangan Diri
Foto copy legalisir Surat Tugas
Foto copy legalisir Jadwal Pelaksanaan
Foto copy legalisir Sertifikat
Materi Pelatihan
 








                       























1 komentar:

  1. How to bet on sports toto - Sporting 100
    The sports betting market is growing more and more popular, thanks to the introduction of the betting 토토사이트 exchanges. Here, you'll find what the bettors are

    BalasHapus